Manager Notes #1: Pemimpin Otentik   Leave a comment


Lynda Gratton dalam bukunya The Shift: The Future of Work is Already Here, mengatakan: kepemimpinan yang dibutuhkan saat ini dan untuk menggantikan masa depan adalah kepemimpinan yang transparan dan otentik. Sesuai dengan definisi kata otentik, maka pemimpin yang otentik mungkin bisa diartikan secara sederhana ya berarti benar-benar pemimpin.

Pemimpin sejati (true leader) bukan hanya sebuah posisi. Di era kini, anda bisa saja mempunyai posisi yang berkuasa, namun tidak otomatis menjadikan Anda seorang pemimpin.

Anda bisa saja seorang manajer, mendapatkan otoritas anda menjadi seorang pemimpin (owned authority). Atau mungkin Anda seorang pemilik usaha yang menggaji karyawan (paid authority). Namun hanya ‘true leader’ yang mendapatkan/meraih (earned) otoritas melalui pembuktian secara konsisten siapa dirinya.

Bill George professor Harvard Business School dalam salah satu studinya tentang kepemimpinan ‘True North: Discover Your Authentic Leadership‘ menyimpulkan: seseorang tidak perlu terlahir dengan karakteristik tertentu untuk bisa memimpin. Anda juga tidak perlu menduduki posisi teratas dalam suatu organisasi. Siapapun bisa menjadi pemimpin sejati. Perjalanan ini dumulai dari pemahaman yang baik tentang diri sendiri dan terus belajar dari pengalaman.

Pemimpin sejati selalu menyisihkan waktu untuk memeriksa kembali dan merenungkan pengalaman mereka, dengan cara ini mereka terus tumbuh sebagai individu ataupun pemimpin. Karena pemahaman yang baik tentang diri sendiri adalah kuncinya. Maka penyangkalan diri (denial) adalah musuh utama pemimpin otentik. Pemimpin otentik tidak takut, bahkan selalu meminta dan mendengarkan masukan dari bawahannya.

Bill George berpendapat: kepemimpinan yg otentik adalah syarat untuk pencapaian bisnis jangka panjang. Mungkin Anda bisa mendapatkan hasil jangka pendek tanpa menjadi otentik. Toh kepemimpinan otentik satu-satunya jalan untuk menciptakan hasil jangka panjang.

Dalam bahasa sederhana, berani terbuka dan transparan. Sudah tidak jamannya lagi menutup-nutupi, bersembunyi di balik posisi/jabatan. Ketika dipromosikan sebagai pemimpin, jangan mengira itu otomatis sebagai kekuasaan. Itu hanya berarti owned authority. Anda harus bekerja keras untuk mendapatkan kekuasaan sejati.

Anda harus bekerja lebih keras, datang lebih awal, dan pulang lebih malam. Anda harus semakin rajin belajar, membaca, bergaul, memperluas wawasan, jangan sampai kalah dengan bawahan Anda.

Selamat datang ke dunia yg serba terbuka.

Anda bukanlah pemimpin kecuali Anda berhasil menjadi pemimpin otentik.

Salam BUMINDO
Manager Notes #1
Jumi Sanoprika Pinim
Manajer KCP Aceh Tenggara

Sumber :
Majalah SWA Edisi Khusus
Indonesia Best Cities for Business 2012
XXVIII 9-26 Agustus 2012
Konsep Manajemen: Pemimpin Otentik untuk Mengelola Gen Y
Meisia Chandra
Direktur Pengelola dealgoing.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: